Nyicip Bebek Sinjay Khas Madura di Surabaya

Assalamu'alaikum.

Akhirnyaaaaaa setelah berkutat di rumah aja selama masa pandemi, aku bisa yalan-yalan ke luar kota jugaaaa 😆. Eh, tapi sebenarnya gak bisa disebut yalan-yalan juga, sih. Soalnya aku cuma ngintilin suami yang kebetulan lagi ada urusan kerja di kota tetangga doang. Hehehe. 😅

Ngomong-ngomong, jarak Kediri ke Surabaya sebenarnya gak jauh-jauh banget. Kira-kira jaraknya sekitar 3 jam aja kalau gak lewat tol. Tapi entah kenapa sesampainya di kamar hotel kok badanku langsung lemes, jantungku berdetak kencang, mataku kunang-kunang, dan aku bermandikan keringat dingin. Sampai-sampai berdiri buat shalat aja aku gak kuat. Takut semaput. Jadi aku shalatnya cuma dengan posisi duduk 😣. Karena melihat kondisiku yang amat sangat mengenaskan ini, suamiku langsung turun buat cari minimarket terdekat untuk beli makanan seadanya.

Begitu suamiku sampai kamar, aku langsung embat keresek bawaan suami. Sekejap aja aku udah habis dua potong roti sobek yang ukurannya lumayan besar, satu kaleng susu beruang, dan satu botol kecil air mineral dalam kemasan. Setelah itu rasanya tubuhku sudah agak baikan. 

Oalaaaaah, lemesnya karena kelaparan nampaknya 🤣. Dan itu diperjelas dengan ketika suami ngajakin aku keluar buat makan bebek yang rasanya uenak banget di Surabaya, aku ujug-ujug langsung sehat wal afiat. 🤤

Bebek yang dimaksud suamiku ini adalah Bebek Wachid Hasyim. Tapi sayang sekali sesampainya di sana, ternyata depotnya sedang tutup 😭. Yowis, akhirnya kami cari tempat makan dekat-dekat situ aja. Gak taunya kami malah ketemu dengan kedainya Bebek Sinjay.

Kalian tau Bebek Sinjay, kan? Itu lho, kedai bebek goreng yang fenomenal banget di Madura. Saking fenomenalnya, mereka sampai buka banyak cabang di kota lain. Ngomong-ngomong, udah dari lama aku kepo sama yang namanya Bebek Sinjay ini. Niatnya kalau ke Madura, aku mau melipir bentar buat makan bebek ini. Tapi kok sampai sekarang belum ada kesempatan buat main ke sana 😬. Dan karena tiba-tiba kami ketemu salah satu kedainya di sini, jadi kenapa nggak dicoba aja sekalian. 🤭

Beli bebek goreng di sini tuh unik. Kita gak bisa memilih potongan bebek bagian mana yang kita suka. Yang kita bisa cuma pesan berapa porsi. Seporsi dapat satu potong bebek goreng, nasi, lalapan, dan sambal. Selain itu dapat bonus satu minuman juga. Minumnya bebas pilih apa aja, tapi aku dan suami lebih memilih teh hangat aja. 

Nyicip Bebek Sinjay Khas Madura di Surabaya
Seporsi Bebek Sinjay
Satu porsi bebek goreng dengan bonus minuman dihargai Rp 30.000. Ini cukup murah mengingat aku dapat satu potong besar bebek bagian dada yang nyambung sampai ke leher dan porsi nasinya buanyak buanget. Kalau kalian tipe big eater, pasti kalian bakalan puas makan Bebek Sinjay ini 😆. Dijamin pulang pasti kenyang pokoknya.

Bebek goreng Sinjay ini punya daging yang lembut dan kulit yang sedikit kriuk. Di atasnya ditaburi remahan bumbu rempah yang ikut digoreng bareng si bebeknya. Rasanya gurih-gurih asin dan rasa bumbu rempahnya ini benar-benar terasa sampai ke tulang-tulangnya 😍. Andaikan si bebek goreng disajikan dalam kondisi benar-benar panas, pasti rasanya bakal lebih mantap lagi. Tapi sayang aku dapatnya bebek goreng yang dalam kondisi sudah hangat menuju ke dingin. Walaupun begitu rasanya tetep enak-enak aja sih, walaupun gak bisa dibilang 'enak banget'. 🤭

Menurutku satu-satunya kekurangan Bebek Sinjay ini cuma satu. Berminyak bingits. Terutama di bagian kulitnya. Padahal bagian bebek yang paling aku suka itu kulitnya. Gara-gara si kulit berasa berminyak banget, aku jadi kurang bisa menikmati bebek goreng ini. 😕

Untuk sambalnya, dia menggunakan sambal pencit alias sambal mangga muda. Rasanya kecut-kecut sedikit manis tapi ada pedesnya dan gurihnya gitu. Sebenarnya aku gak biasa dengan pencit yang dijadikan sambal dan dimakan untuk pendamping nasi. Maklum, biasanya pencit cuma aku ganyang begitu aja atau aku buat rujak buah sekalian kalau lagi niat. 🙈

Bebek Sinjay di Surabaya ternyata rasanya lumayan juga. Tapi aku masih tetap kepo rasa Bebek Sinjay di kedai pusatnya di Madura sana kayak apa. Apakah persis dengan yang di Surabaya, ataukah malah lebih enak mengingat begitu fenomenalnya dia yang membuat orang-orang antri panjang kayak lagi antri buat bisa dapat dana BLT 😅. Kapan-kapan kalau main ke sana, mampir aaaaaah. Tapi pertanyaannya satu: bisa main ke sananya kapan? Lha wong udah bertahun-tahun punya rencana, tapi sampai sekarang belum terealisasi juga. 🤣

Bebek Sinjay
Ruko Grand Ahmad Yani Blok 151H, Jl. Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur

🦆🦆🦆🦆

Eh iya, minal aidzin wal faidzin ya, rek. Mohon maaf lahir dan batin kalau aku ada salah ketika ngeblog bareng kalian 🙏🏽. Duh, nyaris aja kelupaan buat maaf-maafan di blog ini. Ehehehe. Maap telat. 🙈

Ngomong-ngomong, gimana nih kabar kalian pasca lebaran? Tingkat kolesterol aman? 😬

Wassalamu'alaikum.

Komentar

  1. Minal aidin juga Mba Roem 🙏
    Dulu pas aku ke Surabaya juga sempet nyicipin Bebek Sinjay khas Madura ini. Soalnya gatau kapan bakal ke Madura jadi yaudah deh nikmatin aja yang ada di Surabaya. Dulu mama aku sih yang pengen banget icip-icip soalnya beliau pecinta bebek, kita jadi jauhhhh banget pergi dari hotel demi makan ini dan alhamdulillah puas hehehe tapi setuju sih emang minyaknya wow luar biasa banyak hahaha

    Btw, abis lebaran belom ngecek kolesterol sih tapi dikit-dikit ngecek timbangan wkwkwkwk dan yaaa sudah dipastikan bergeser kemana nih timbangannya ahahaha 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata gak aku doang nih yang pengen merasakan bebek Sinjay asli Madura tapi gak tau ke Madura nya kapan. Hehehe. Iya, kan, Mbak Tika. Minyaknya buanyak banget. Kalau seumpamanya minyaknya gak melimpah gitu pasti rasanya lebih enak deh.🤤

      Aku juga sama, berat badan naik beberapa kilo. Padahal sebelum puasa sempat diet dan turun 6 kilo. Wah, sia-sia sudah dietku... 😭

      Hapus
  2. Haha lemes kirain kenapa ternyata laperr yaa mbak...

    Kebetulan saya orang sumatra yg ga familiar sama juliner tersohor di tempat lain, tp tulisan ini ngasih tau kalo di Surabaya ada yg namanya Bebek Sinjay dan Wachid Hasyim yang fenomenal. Sengaja nulis ulang nama bebeknya biar bisa ingat. Mana tau nanti main ke Sby, saya tau harus nyobain bebek yg mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Ternyata gak cuma rindu yang berat, lapar juga berat. Muehehe.

      Yes, kalau main ke Surabaya jangan lupa makan bebek ya, Mas. Soalnya di Surabaya menu bebek lumayan melegenda. 🤭

      Hapus
  3. Rooooooem, ya ampuuun kangen main ke blog :D. Hihihi maklum kmrn hibernasi bentr.

    Duuuh ini bebek yaaa udh lamaaa JD buruanku. Tapi ntah kapan yeee bisa ke Madura. Akutu penganut sebisa mungkin cobain makan di tempat asalnya. JD kalo buka cabang di JKT pun, ttp ga mau, hahahaha. Kecuali udh coba di pusatnya itu.

    Cm setidaknya agak terobati pas nyobain bebek goreng dengan sambel pencit di bebek Kaleyo . Mereka ada menu itu. Kalo yg bebek Kaleyo ini untungnya minyak di kulit ga banjir sih Roem. JD aku sukaaa.

    Sama kita, akupun eneg kalo sampe minyaknya kebanyakan :). Tenggorokan lgs ga enak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri habis hibernasi juga, Mbak Fan 🙈. Entah kenapa mood nulis hilang. 😂

      Aku sebenarnya pengen coba yang asli, Mbak. Tapi gak tau kapan bisa keturutan ke Madura, akhirnya coba yang ada aja.. di cabangnya 🤣. Kapan-kapan lah direncanakan main ke Madura.

      Yes, bebek emang enak. Tapi kalau minyaknya kebanyakan, di tenggorokan jadi gak enak. 😣

      Hapus
  4. tingkat kolesterolku aman mbak hahaha, ga makan yang berminyak minyak banget soalnya waktu lebaran
    nahhh mba roem sama kayak aku, punya rencana atau keinginan cobain makan langsung di Madura tapi nggak tau kapan akan terjadi
    rasanya mau ke madura kok ya jauhhh, kalau ke surabaya masih mending hahaha

    selama aku makan bebek, aku kok ya baru nyadar kalau rata rata berminyak bingit ya, aku heran, jadi aku mikir "ohhh paling emang begitu khasnya kalau goreng bebek"
    ahhh udah lama ga makan bebek mbak, jadi lupa kan rasa sambel pencitnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih kulitnya bebek berlemak, Mbak Ainun. Tapi selama ini aku ngerasain bebek itu ya lemaknya itu, tapi minyaknya gak terlalu berasa banyak. Yang bebek Sinjay ini aku baru ngerasain bebek yang minyaknya luar biasa banget. Andai minyaknya gak sebanyak ini, pasti jadi enak banget nih. 🤭

      Ngomong-ngomong, aku malah baru pertama kali ini makan bebek goreng yang pakai sambal pencit, Mbak. Biasanya aku beli bebek goreng sambalnya pake sambal bajak, sambal tomat, atau sambal terasi sih. Hehehe.

      Hapus
  5. Oalah ternyata mbak Roem lemes karena belum makan.😂

    Entah kenapa aku kurang suka makan bebek. Di Cikande sini juga ada rumah makan yang makanan khasnya menu bebek yaitu bebek goreng pak Ndut, tapi aku baru sekali doang kesana, soalnya kurang suka.

    Soalnya sekali makan itu 50k, belum ditambah pajak, belum parkir, hadeh, duit cepat habis.😂

    BalasHapus

Posting Komentar