Lontong Balap Pak Jiii

Assalamu'alaikum.

"Mas, aku pengen makan lontong balap. Ini mumpung kita masih di Surabaya, lho"

Suamiku langsung bingung. Soalnya pagi itu juga kami sudah harus segera check out hotel dan cus pulang di Kediri, sementara sebelumnya gak ada tanda-tanda aku mau minta mau makan menu tertentu. Tapi selayaknya seorang perempuan yang sedang mendekati hari haid, mood ku gampang berubah-ubah dan maunya sak det sak nyet aja. Untungnya suamiku sayang. Jadi se-mbulet apapun mauku, doi pasti turuti. Coba kalau gak sayang, bisa-bisa aku dicaci maki. 🤣

Kami akhirnya berputar-putar daerah sekitar hotel untuk cari tempat makan lontong balap. Sayangnya di sekitar sana penjual lontong balapnya masih tutup semua dan sepertinya baru buka di siang hari. Lalu kami mencari dan terus mencari, Alhamdulillah nya kami bisa segera ketemu warung penjual lontong balap yang sudah buka pagi-pagi.

Setelah aku sadar, ternyata kami udah keluar wilayah Surabaya, lho. Soalnya lokasi warung lontong balap ini udah masuk Waru Sidoarjo. Tau gitu sekalian aja check out hotel sebelumnya, biar nggak bolak-balik lagi dan langsung perjalanan pulang 🙈. Tapi kalau pagi-pagi udah check out, nyatanya kami berdua masih bau. Masih belum mandi. 😅

Ngomong-ngomong, nama warung lontong balap ini: Pak Jiii. Iya, kalian gak salah baca. Huruf 'i' nya ada tiga. Gemes banget gak, sih. Mungkin kalau 'i' nya cuma satu terlalu mainstream kali ya 🤭? 

Lontong balap Pak Jiii
 dia yang namanya lontong balap 🤤
Seperti halnya lontong balap lainnya, lontong balapnya Pak Jiii ini berisi lontong, tahu goreng, lentho, petis, dan tauge rebus lalu dikucuri perasan jeruk nipis sedikit, diguyuri kuah dan diberi taburan bawang merah goreng di atasnya. Untuk rasanya? Seger manis gurih sedap 🤤. Dan jangan lupakan sensasi kriyuk-kriyuk pas si tauge dikunyah di dalam mulut yang dipadukan dengan tekstur lembut potongan lontongnya. 🤤🤤🤤

Eh iya, aku minta lontong balapku berasa pedas, dan si ibu warungnya menguleg 3 potong cabe bersama petisnya untukku ketika menyiapkan lontong balapku. Ternyata rasanya jadi pedes bangats! Padahal cabenya cuma tiga, lho, tigaaaa. Ini kenapa aku jadi lemah gini, sih. 🤣

Lontong balap Pak Jiii
Kelihatannya emang menggunung. Tapi serius, kalau menurutku ini porsinya termasuk dikit 😬
Harga lontong balap ini seporsinya Rp12.000. Tapi menurutku dengan porsi macam Indomie (satu porsi kurang, dua porsi kebanyakan 🙈), lontong balap ini agak mahal juga. Soalnya lontong balap yang biasa aku beli di Mojokerto cuma Rp 8.000an doang dan porsinya lebih banyak 😬. Tapi lagi-lagi, sih, rasanya emang masih lebih nendang punyanya Pak Jiii. Memang duit gak bisa bohong. 🤪

Selain lontong balap, kalian juga bisa pesan lontong kupang di sini. Fyi, kupang di sini bukan nama salah tempat di belahan bumi bernama Indonesia. Melainkan adalah sejenis kerang dengan ukuran amat sangat kecil sekali. 

Menurutku lontong Kupang ini termasuk kuliner ekstrem. Soalnya suamiku yang gak suka pilih-pilih makanan aja sampai gak mau cobain makanan bernama lontong kupang ini 🙈. Kalian ada yang berani coba lontong kupang? Atau malah udah berkali-kali makan makanan ini? 🤭

Warung Lontong Kupang & Lontong Balap Pak Jiii
Jl. Brigjend Katamso No.174, Kedungrejo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Wassalamu'alaikum.

Komentar

  1. Sudah pernah nyoba aku.😊😊 Kenapa namanya lontong balap yaa, Padahal jualannya nggak di sirkuit.😁😁


    Kalau di Jakarta namanya lotong sayur atau ketupat sayur...Bedanya kalau lontong sayur nggak pakai toge...kalau lontong balap pakai, Tapi terkadang ada juga yang nggak...😊😊 Untuk rasa keduanya sama sih...😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga bingung, Mas Satria. Kenapa ya kok namanya ada balapnya. 🤣

      Kalau di sini, lontong sayur atau ketupat sayur udah beda lagi sama lontong balap, Mas. Di sini, lontong/ketupat sayur kuahnya pakai kuah santan dengan isian tahu sama labu siam, sementara lontong balap kuahnya bening sepertinya sih air rebusan taugenya. 😬

      Hapus
  2. Lontongnya menggoda banget ini mah,lihat fotonya doang udah pengen, habis baca sampe selesai jadi makin pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan kalau main ke Surabaya harus cobain, Mas. 🤭

      Hapus
  3. Lontong balap aku blm prnh coba. Blm bisa bilang bakal suka ATO ga. Tp adekku pernah, dan dia ga doyan :D.

    Mungkin kalo pedes nampil aku bisa suka sih

    Nah kalo lontong Kupang aku udh coba, daaaaan maaaaf mba, ga sesuai Ama lidahku :). Hmmm, amisnya ga kuat... Satu suapan aku terpaksa hrs lepehin, ga ketelen :(. JD jujurnya aku ga bakal coba lagi sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ekstrem ya, Mbak, Kupang lontong ini 🤣. Suamiku pun gak bisa makan gara-gara baunya amis banget. Kalau adekku bisa makan sampai habis, tapi sampai rumah muntah-muntah. Mungkin memang lebih banyak yang gak suka makanan ini daripada yang suka 🙈. Kalau aku sendiri bisa makan, tapi gak bisa dibilang "suka". Sepertinya buat pecinta makanan ekstrem, harus banget cobain lontong Kupang deh. 🤭

      Hapus
  4. Gemes banget nama restonya, Kak Roem 🤣. Kenapa kepikiran aja pakai huruf i-nya sampai 3x, kan jadi gemes 🤣.
    Btw, aku belum pernah makan lontong balap Kak 😂 pernah beberapa kali lihat aja, tapi ini kayaknya kali pertama aku lihat wujud makanan lontong balap dan sekilas kelihatan seperti tahu gejrot. Apakah rasa kuahnya mirip-mirip?
    Lontong kupang malah baru pertama denger juga wkwk. Kalau yang aku pernah denger, Kupang itu sejenis mirip Tutut. Kalau di menu lontong kupang, kupangnya itu sejenis kerang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan resto, Liiiii, cuma warung pinggir jalan 🤭. Aku gak tau deh, di sana ada nggak resto yang jualan menu lontong balap atau lontong Kupang. Hehehe.

      Kalau aku malah belum pernah makan tahu gejrot, Li. Kapan-kapan kalau ketemu penjual tahu gejrot, aku pengen cobain. 😁

      Iya, Li. Kerang, tapi keciiiiiiiil banget. Aku sampai gak kepikiran, cara bersihinnya kerang sekecil ini tuh gimana. 🤣

      Hapus
  5. Wah mantep nih cambahnya banyak, kesukaan banget.. Disini jarang banget ada yang jual kek gini weh, ada yang mirip seperti itu dan ternya rujak cingur. :( salah makan dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi rujak cingur juga enak kan, Mas Andri 😆. Lebih enak lagi kalau cingurnya lembut dan gak alot. Kalau alot, menurutku membuat seporsi rujak cingur sudah gak menarik lagi. 😂

      Hapus
  6. Waktu awal baca judulnya lontong balap pak Jin, wah kupikir apa jin sudah ngga betah di alam gaib lalu ke dunia nyata jualan lontong ya. Atau mungkin yang jual orang Korea soalnya ada nama Jin eh ternyata pak Jiii ya. (Ingat, i nya ada tiga).

    Berarti lontong balap pak Jiii (ingat, i nya ada tiga) ada di daerah Sidoarjo bukan Surabaya lagi ya. Kenapa ngga sekalian mampir ke rumah mbak Rey, kan dia di Sidoarjo juga. Eh tapi dia lagi pulang kampung ya.

    Memang duit ngga bohong mbak, lontong biasa sama lontong balap pak Jiii (ingat, i nya ada tiga) lebih enak biarpun porsinya ngga banyak. Mungkin bumbunya yang bikin mahal.

    Kalo ditanya apakah aku sudah nyoba lontong balap pak Jiii ( ingat i nya ada tiga) ya belum mbak, jangankan ke Surabaya, ke Semarang saja belum. Eh tapi ke Bali sudah sih tapi lewat google maps.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Agus. Sayangnya waktu itu pas Mbak Rey pulang kampung, jadi gak bisa mampir deh. 🤭

      Hapus
    2. Ah, paling mampir mau minta oleh oleh.😆

      Kaboorrr 🚶🏃💨

      Hapus
    3. Iya dong, Mas. Kan kalau sama Mbak Rey, statusku jadi adek kecilnya Mbak Rey. 🙈

      Hapus
  7. wah, semua yg ada taugenya pasti aku suka... tp blm pernah nih aku nyobain lontong balap...

    BalasHapus
  8. hahaha sak dek sak nyek, gapopo mbak aku yo ngunu wkwkwkwk, wedok ancen ngunu eh
    lama benerr aku ga makan lontong balap, bisa jadi setaunan lebih hahaha
    kalau di surabaya, harga 12ribu masih standart dibilangnya, kalau di jember ya palingan sama kayak kediri juga mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Di surabaya serba mahal 🥺. Eh, surabaya yang serba mahal atau kediri dan jember yang harga-harganya serba murah yah? Wkwkwk 🤣

      Hapus
  9. Kalau lontong kupang yang mantab di daerah Seruni mbak. Coba ceker Lapindo, itu jauh lebih ekstrim. Hehehe..... Btw jadi pengen lontong balap juga nih. Sayang PSBB alias PPKM jadi ga bisa kemana-mana.

    BalasHapus

Posting Komentar