Mie Mapan: Mie Terenak se-Surabaya Raya & Sekitarnya

Assalamu'alaikum.


Judulnya kayak click bait banget gitu ya, kesannya? 🤣

Tapi yang aku rasakan emang gitu. Dia ini mie terenak se-Surabaya & sekitarnya. Bahkan gak cuma se-Surabaya & sekitarnya! Di daerah manapun yang pernah aku kunjungi, mie yang paling enak yang pernah aku makan ya Mie Mapan ini 😍. 

Walaupun postingan ini terkesan lebay, tapi ini 100% opiniku dan aku gak lagi di-endorse sama kedai mie ini, yes. Hehehe, disclaimer dulu biar gak ada yang salah paham. 🤭

Kebetulan bulan Februari kemarin aku berkunjung ke Sidoarjo buat kondangan ke nikahan mantan.. eh nganu, nikahan sepupu maksudku 😅. Ngomong-ngomong aku gak lama di Sidoarjo nya. Soalnya harus buru-buru balik ke Kediri buat bantu ibu check out dari rumah sakit keesokan harinya. Serius, sebenarnya aku gak mau datang ke kondangan itu karena pengen nungguin ibu terus 🥺. Tapi gara-gara ibunda ratu memaksa katanya buat mewakili keluarga dari Kediri, yowis lah mau gimana lagi.😣

Jauh-jauh dari Kediri ke Sidoarjo rasanya kurang lengkap kalau gak mampir sebentar di salah satu kedai Mie Mapan yang ada di sana. Mie Mapan cabang Ponti tepatnya. Maklum, ini mie favoritku. Hehehe 🤭. Apalagi ibunda ratu juga pecinta mie, sama sepertiku. Jadi sekalian ke sana buat bungkuskan satu porsi jumbo buat ibu 🤩. Yang kemudian sesuai dengan prediksiku, ibu suka bingits. Kapan-kapan lah kalau main ke Surabaya dan sekitarnya, aku bakal ajak ibu dine in di salah satu kedainya Mie Mapan. Biar beliau bisa merasakan mie nya fresh from the kitchen. Karena walaupun rasa mienya saat dibungkus tetep enak, makan langsung di kedainya membuat rasa mienya lebih enak.😋

Karena kami datang di tengah pandemi, kondisi di dalam kedai terasa berbeda. Meja-meja ditata agak berjauhan, dan satu meja yang bisa diisi 4 orang, hanya diisi 2 orang secara berhadapan tapi posisinya selang-seling. Intinya sesuai dengan anjuran social distancing, gitchuuuu. 

Biasanya aku hanya membeli pangsit mie bakwan, tapi saat itu beda. Aku pengen makan menu yang belum pernah aku coba sebelumnya 🥺. Dan pilihanku saat itu adalah mie kare ayam. Sedangkan suami, masih tetap ada di zona nyaman bersama pangsit mie bakwannya. Untuk minumnya, kami hanya pesan satu gelas es teh aja untuk berdua. Pengalaman, dulu pernah pesan dua gelas tapi akhirnya kami gak bisa habiskan, soalnya gelasnya ini ukurannya gede banget. 😣

Mie mapan, mie terenak se-Surabaya Raya & sekitarnya
Mie Kare Ayam
Seperti biasa, sebelum makan mie nya, aku akan nyicip kuahnya dulu. Rasa kuah karinya ini sedang aja. Gak terlalu medok, juga gak terlalu ringan rasa rempahnya. Pas banget di lidahku. Gurih santannya juga berasa. Jadi rasa asin, gurih, dan rempahnya bisa nyatu di dalam semangkok mie ini. 🤤

Apalagi ditambah dengan irisan telur, ayam, dan mie nya yang khas Mie Mapan banget. Mie punya Mie Mapan ini berbentuk pipih keriting dengan ketebalan sedang. Tekstur mienya lembut, gak gampang putus, dan punya kekenyalan yang pas. 😍

Mie mapan, mie terenak se-Surabaya Raya & sekitarnya
Menu yang kami pesan
Untuk yang pangsit mie bakwannya, antara mie dan kuahnya dipisah. Kalau kalian mencicip mienya aja tanpa kuah, kalian bakal merasakan rasa mie yang gurih dengan sentuhan sedikit rasa asin. Intinya mienya doang aja dimakan sendiri tanpa kuah udah berasa enak gitu lho, rek 🤤. Sedangkan kuah beningnya ini punya rasa gurih, segar, dan sedikit ada rasa asin. Kalau menyeruput mienya bersama kuah, rasanyaaaaaa luar biasaaaa. Bayanginnya aja aku udah ngiler lho ini.. 🤤

Kulit pangsitnyaaaaa... lembuuuuuut banget, tapi gak gampang sobek. Rasa fillingnya enak dan juicy 🤤. Cinta banget aku sama pangsitnya ini. Kalau gak beli porsi jumbo, biasanya aku nambah seporsi pangsit lagi 🙈. Bakwannya juga enak, berasa banget dagingnya.

Puas banget aku makan di kedai ini. Tapi kalau boleh milih, aku ternyata masih lebih suka yang kuahnya bening daripada bersantan. Kalau makan lagi beli menu yang kuahnya bening aja deh. Biar berasa seger-seger gitu. Hehehe 🤭. Dan nambah pangsitnya seporsi. 😂

Ngomong-ngomong, Mie Mapan gak hanya jualan mie lho, rek. Kalian kalau gak suka mie, bisa cobain penyetannya di sana. Dan yang terpenting, semua makanan yang ada di kedai ini sudah dijamin kehalalannya. 😍

Daftar menu

Daftar menu juga. Tapi maaf  fotonya kepotong. 🤣

🍜🍜🍜🍜

Kalau kalian lebih suka mie atau nasi? 🤭

Wassalamu'alaikum.

Komentar

  1. kalo di lihat-lihat seperti mie instan ya mbak wkwkwk, yah gak tau rasanya sih sebelum mencoba hehehe :D

    gw juga pecinta mie sih, kalo mie bisa semenyehatkan itu, gw lebih pilih makan mie seumur hidup :D, cuma yang namanya orang indonesia, kadang kalo gak makan nasi seperti belum makan, padahal sebelumnya udah makan mie dua mangkok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya juga ya, Mas Khanif. Penampakannya mirip mie instan 🤣. Tapi kalau rasa sih jauh bedanya. 🤤

      Sebenarnya tergantung jenis mie nya, Mas. Kalau mie nya yang banyak pengawet dan micinnya seperti mie instan tentu aja gak sehat 🤣. Sementara kalau mienya bebas pengawet, bebas pewarna, dan bebas micin sih kayaknya aman-aman aja dimakan setiap hari. Yang gak aman isi dompetnya. Soalnya mie yang kayak gini seporsi biasanya harganya mahal.🙈

      Hapus
  2. Hallo, mba salam kenal

    Klo saya tergantung sikon. Klo laper pasti nasi pilihan utama. Wkwkwk...

    Ibarat kata makan roti bertangkup-tangkup juga belum makan klo belum ketemu nasi ��

    Klo masih B aja lapernya mie lebih saya pilih.

    Tapi klo lapar pake banget pilihannya nasi pake mie. Wkwkwkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya, Mbak Pipit 😆

      Omaigat, nasi pake mie! Aku banget, Mbak Pipit. Apalagi pas Ramadhan gini sahur tapi males masak. Tinggal bikin mie instan terus dimakan pake nasi. 🤣🤣🤣

      Hapus
  3. Ya ampun mbk roem, bikin saya ngiler aja. Walaupun saya nggak bisa menikmati mie mapan tapi saya langsung otw mau bikin mie😂 karena pengen mbak. Betewe suami saya orang kediri loh mbak...
    Mau saya catet siapa tahu suatu hari nanti bisa menikmati mie mapan.
    Amin ya Allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin 😆.

      Wah, Kediri nya daerah mana, Mbak Astria? Siapa tau aku tetanggaan sama suaminya Mbak Astria. 🤭

      Ngomong-ngomong sayang banget nih, Mbak. Mie Mapan cuma ada di Surabaya dan sekitarnya. Belum sampai Kediri. 😔

      Hapus
  4. Terima kasih infonya, kak. Kalau kesana makan2 jadi tahu mau visit kemana.

    BalasHapus
  5. harganya lumayan juga ya kak, kirain harganya itu 15 ribuan atau 20 ribuan

    tapi kayaknya sih sesuai sama harga lah dilihat dari reviewnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Far. Walaupun harganya agak mahal daripada harga rata-rata mie di pasaran, tapi rasanya mie ini emang uenak banget. 😍

      Hapus
  6. mie kare ayam, aku langsung inget mie instan rasa kare mbak. lupa brand yang mana, dan enakkk
    apalagi yang difoto itu pas banget kalau dinikmati selagi panas terus minum es teh, asataghhh
    duhh aku belum ada jadwal ke surabaya, semoga kalau pas nanti ke surabaya, aku mampir juga, semoga sempet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mie instan kare aku masih belum nemu rasa yang cocok nih, Mbak Ainun. Lain kali kalau Mbak Ainun ingat brand nya, bisikin aku ya. Aku mau coba juga. 😆

      Yes, kalau main ke Surabaya Mbak Ainun harus cobain makan di kedainya mie ini, Mbak. Dijamin gak bakalan nyesel 😆. Btw makannya yang kedai Rungkut Mapan aja, Mbak. Soalnya pusatnya ada di situ, dan rasa mie nya jauh lebih nendang daripada cabang lainnya. 😍

      Hapus

Posting Komentar