Obat Hormonal

Assalamu'alaikum.


Sebagai seorang manusia yang gak luput dari serangan penyakit, aku udah mencoba berbagai macam obat. Ya obat penurun panas, ya obat sakit kepala, ya obat gatal-gatal, ya obat mencret, ya obat anyang-anyangan, dan lain sebagainya 🤪. Tapi menurutku, dari semua obat yang pernah aku jajal ada satu jenis obat yang unik. 

Kebanyakan obat kan efek sampingnya paling cuma bikin ngantuk. Bahkan sering kali aku malah gak merasakan efek apa-apa setelah aku mengkonsumsi obat tertentu. Nah satu jenis obat ini tuh beda, makanya aku bilang dia unik 🤭. Di aku, jenis obat ini gak cuma mempengaruhi fisik, tapi mempengaruhi jiwa juga. Dan satu jenis obat yang aku maksud ini adalah obat hormonal. 🥺

Ngomong-ngomong, selain efek sampingnya, ada satu lagi yang bikin obat hormonal ini unik: harus diminum di jam yang sama dan gak boleh bolong-bolong minumnya. Katanya sih kalau gak diminum di jam yang sama, manfaatnya gak bakalan optimal. Sementara kalau minumnya bolong-bolong gak sesuai anjuran, minumnya harus diulang lagi dari awal. Ribet banget ya, kayak cewek. Tapi bisa dimaklumi, lah, soalnya obat yang aku minum ini emang obat khusus cewek. 😜

Aku mulai mengkonsumsi obat hormonal sudah sejak 2019 lalu. Obat hormonalku yang pertama ini aku konsumsi tepat setelah si Salam gak ada. Jadi ya gitu, deh. Di tengah-tengah depresi aku harus mengkonsumsi obat yang bikin mood swing. Sensasinya wow bangats, sukses bikin aku nangis kejer setiap saat 🙈. Untung Allah Maha Baik, Dia kasih aku orang-orang baik dan pengertian yang setia menemaniku di saat-saat terpuruk itu.

Dan ternyata efeknya gak cuma itu doang. Wajahku jadi tumbuh jerawat. Gak satu dua. Tapi banyak banget, nyaris full sewajah. Selain itu, obat hormonal ini entah kenapa bikin jantungku berasa dugun-dugun dengan kerasnya (padahal saat itu aku gak lagi jatuh cinta ataupun dikejar Satpol-PP, lho, rek 😅) dan bikin tubuhku makin terasa lemes. Karena didukung dengan fisik yang masih struggle dengan sakitnya bekas jahitan, efek dari obat ini membuatku sering nyaris semaput. Terutama kalau pas di kamar mandi. Jadi aku harus ngempet pipis atau eek sampai orang rumah pulang saking takutnya kejadian pingsan di kamar mandi beneran 😣. Tapi gakpapa. Alhamdulillah saat-saat itu sudah lewat. Semoga aja gak terulang lagi untuk selanjutnya. ☺️

Lalu obat hormonalku yang kedua adalah pil kontrasepsi. Kalian tau kan pil kontrasepsi? Itu lho, pil kecil yang punya pengaruh yang begitu besar luar biasa 🤭. Iya, dia walaupun kecil tapi punya andil untuk mengatur jumlah populasi manusia di seluruh dunia 🤣. Btw saat itu, obgyn melarangku hamil terlebih dahulu. Paling nggak sampai dua tahun pasca caesar lah, baru boleh hamil. Jadi mau gak mau aku harus konsumsi pil kecil dengan pengaruh besar ini karena aku takut sama jarum suntik ataupun benda asing yang ditanam di rahim dan dipasang melalui kemaluan perempuan. 😱

Beda dengan obat hormonal yang pertama, pil kontrasepsi ini malah menimbulkan dampak positif buat aku. Yang biasanya aku datang bulan dua atau tiga bulan sekali, bisa jadi rutin sebulan sekali. Ya persis sama hitungannya si pil kecil ini, siklusku jadi 28 hari. Yeay. Hanya saja dengan pil ini nafsu makanku jadi meningkat tajam dan itu membuatku kelihatan makin subur aja. 🤣

Singkat cerita, suatu hari aku kehabisan pil dan harus cepet-cepet beli di apotek. Ternyata eh ternyata, pil dengan merek yang biasa aku beli lagi kosong. Karena buru-buru, akhirnya aku beli merek lain. Dan efeknya amazing! Kepalaku puyeng dan tubuh berasa lemes banget sampai mau pingsan. Nampaknya aku kurang cocok sama pil satu ini 😅. Setelah habis satu strip pil ini, mertua paksa aku buat gak ngepil lagi. Mungkin beliau udah ngebet banget pengen cepet-cepet nimang cucu. Hehehe.

Lepas pil ternyata membuat siklus datang bulanku ancur lagi. Balik dua atau tiga bulan sekali lagi seperti sebelumnya. Dan parahnya yang kemarin itu, empat bulan aku gak datang bulan. Tapi tespack hasilnya negatif. Itu artinya aku gak hamil juga, padahal gak haid. Begitulah akhirnya aku ketemuan lagi sama obgyn. 🥺

Obgyn bilang rahimku bersih. Artinya bebas dari miom, kista dan segala hal yang ngeri-ngeri itu 😆. Cuma emang kemungkinan hormonku aja yang gak seimbang. Jadilah aku diberi obat hormonal lagi untuk memancing datang bulan.

Obat hormonal ini, efeknya nyaris sama dengan obat hormonalku yang pertama tapi masih tergolong jauh lebih ringan. Dia menimbulkan jerawat (tapi cuma di muka aja) dan bikin mood swing juga. 

Minum obat ini rasanya aku jadi lebih emosional. Emosional di sini artinya bukan aku gampang marah-marah gitu 😅. Tapi bener-bener emosi gampang berubah-ubah dari senang, sedih, khawatir, marah, dan lain sebagainya. Misalnya kalau pagi happy banget sampai menebar tawa ke mana-mana, sorenya bisa jadi nangis sesenggukan, malamnya marah-marah. Labil banget pokoknya, ngalah-ngalahin anak baru puber. 😜

Tapi obat yang satu ini emang beneran mantul sih. Sepuluh hari setelah aku habis satu strip, akhirnya aku datang bulan juga. Alhamdulillah. Tapi lepas satu masalah ini, datang masalah baru lagi. 😣

Ibunda ratu ngomel-ngomel minta cucu dong, rek 😅. Beliau paksa aku buat ke obgyn lagi untuk program hamil. Aku sempat debat kusir sama beliau tentang masalah ini. Soalnya aku takut jangan-jangan ketika anak keduaku lahir, traumaku masih belum sembuh benar. Kalau kejadian seperti itu kan kasihan si anak.. Tapi ibunda ratu tetep ngeyel, katanya traumaku ini bisa hilang kalau aku punya anak lagi 😏. Yowes lah. Aku cuma bisa bilang, sendhika dawuh, ibunda ratu  🙏🏽😂. Pertama manut dulu, aja dulu. Biar ibu senang dan tenang. Selebihnya aku pikir aja sambil jalan. 🤣

Lalu aku ngedate lagi sama obgyn. Ngomong-ngomong ngedate nya gak berdua, melainkan bertiga sama suami 🤣. Dan tempatnya di ruang praktek, bukan di emol. 🙈

Seperti biasa, mula-mula obgyn melakukan USG terlebih dahulu kemudian memberikan kuliah singkat tentang kesehatan reproduksiku 😬. Lalu beliau menyimpulkan kalau aku harus terapi hormon terlebih dahulu sebelum beneran program hamil.

Beliau bilang hormonku memang kacau. Dan hormon yang kacau ini yang bikin aku gak bisa haid setiap bulan. Untuk memulai program hamil, katanya aku harus bisa haid setiap bulan dulu. 

Jujur, aku curiga kalau aku ini PCOS. Soalnya dari siklus datang bulan, dan ciri-ciri fisik udah mengarah ke situ (ini berdasarkan informasi dari Mbah Google 🤣). Tapi obgyn masih belum bilang apa-apa tentang ini. 🤔

roem-obat-hormonal
Ini di obat yang harganya uwowuwow 🤣
Obat hormonal resep dari obgyn ku ini gak banyak. Cuma satu strip, tapi harganya lumayan uwowuwow. 🤑

Pas aku tebus resepnya di apotek, si Mbak Apoteker nya udah mewanti-wanti. Katanya obat ini harus rutin diminum di jam yang sama setiap harinya. Dan sebelum minum, perut harus terisi dulu untuk meminimalisir efek mual-mual karena obat ini. Siap, Mbak! Aku bilang gitu. 🤪

Pertama kali minum, aku ternyata gak berasa mual. Cuma kepalaku rasanya pusing banget parah. Rasa-rasanya kayak kepalaku mau meledak 🤯. Untungnya sakitnya gak lama-lama, mungkin cuma sampai beberapa menit aja.  

Setelah hari ketiga, baru deh aku merasa agak mual setiap kali setelah minum obat ini. Mualnya gak parah sebenarnya, dan gak sampai muntah juga. Selain itu, dia juga bikin mood swing, walaupun gak parah-parah banget. Jadi aku masih oke-oke aja minum obat ini sampai sekarang.

Lalu bulan Ramadhan tiba, dan di mushola tempat tinggalku ternyata tetap mengadakan shalat jamaah setiap harinya. Shalatnya tentu memperhatikan protokol kesehatan, mengingat ini masih di tengah-tengah pandemi. Jadi walaupun shalat berjamaah, tapi para jamaahnya tetap jaga jarak, pakai masker, dan gak bersalaman.

roem-obat-hormonal
Minumnya nyaris bebarengan dengan shalat isya' berjamaah dimulai
Aku tentu aja gak menyia-nyiakan kesempatan ini 🤩. Setelah minum obat jam 19.00, aku langsung lari ke mushola untuk jamaah shalat isya' dan tarawih. 

Awal sampai di mushola, aku masih merasa baik-baik aja. Tapi pas rakaat ke dua isya', ujug-ujug aku merasa mual dan sedikit kunang-kunang. Puncaknya adalah di sujud rakaat ke dua. Aku muntah dong, rek 🤮. Untungnya aku pakai masker dan kondisi mulut tertutup. Jadi makanan dari lambungku ini gak sampai keluar mulut. 🤭

Ada beberapa potong ayam, wortel, nugget, tempe, dan nasi hasil muntahan yang ada di mulutku. Aku kunyah-kunyah muntahannya, lalu aku telen lagi 😅. Untungnya lagi pas aku muntah, aku gak mengeluarkan suara. Jadi sepertinya jamaah lain gak ada yang tau tentang insiden ini.

Yang bikin masalah adalah ada sedikit cairan muntahan yang keluar dari hidung tapi berhasil membuat maskerku bagian dalamnya basah. Gara-gara ulah cairan yang membasahi maskerku inilah aku jadi mencium bau ayam, kuah sop, dan asam lambung sepanjang proses shalat 😣. Dan baunya ini bikin kepalaku berasa tuing-tuing gitu dan perutku mual-mual lagi. 😵

Jangan ditanya, ini shalatnya sah atau nggak. Sudah pasti nggak sah 🙈. Apalagi aku udah nelen muntahanku, kan, artinya shalatku batal 😅. Tapi karena aku panik dan bingung, jadi aku terusin aja sampai shalat isya' berjamaahnya selesai. Lalu aku cus pulang buat shalat isya' sendiri di rumah. 🤫

Nampaknya terburu-buru dan banyak gerak setelah minum obat hormonal ini memicu aku muntah beneran. Jadi semenjak kejadian itu aku gak shalat isya' berjamaah lagi di mushala dan memilih shalat sendiri di rumah. Shalatnya pun tunggu sampai efek mual dari obat hormonal ini hilang. Soalnya takut muntah di tengah shalat lagi, cyin. 😬

🌜🌜🌜🌜

Ngomong-ngomong selamat menjalankan ibadah puasa ya, manteman. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan berlimpah kebahagiaan. Aamiin. 🤲🏽 😊

Btw, di daerah tempat kalian ngadain shalat berjamaah gak? 🤭

Wassalamu'alaikum.

Komentar

  1. mba roem, ni blog kedua yaaa?

    Masya Allah perjuangannyaa luar biasa sekali. Semoga lekas sehat ya mbak. Yang terpenting itu sehat dulu ya. Jangan asumsikan diri sendiri dulu, sementara dokter pun belum bilang apa-apa.

    btw, adikku juga hormon nggak lancar banget. haid nggak teratur juga tentunya. Alhamdulillah kemarin dia sudah melahirkan. Dia menjaani terapi gitu, dimulai dengan mengubah pola pikir, menjauhi stres dan lainnya. Tapi, anak itu kehendak Allah ya mbak, kita nggak bisa maksa-maksa. Yang penting diri sehat itu jelas yang utama ya mbak. Semoga ibunda ratu paham dengan ini.

    Untung nggak bersuara itu pas muntah, ya Allah kalau aku itu mencium bau muntahan udah pasti hoek hoek nih, ga kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ghin. Blog kedua buat nulis suka-suka 🤭. Kalau blog yang satunya khusus buat topik beauty doang. 🤣

      Aamiin 🤲🏽🤭. Yes, aku setuju banget, Mbak. Anak itu memang kehendak Allah, kita gak bisa maksa. Tapi aku mikirnya hitung-hitung sambil benerin hormon dan kesehatan reproduksi juga 😄. Kalau versi ibunda ratu sih bilangnya: walaupun Allah yang berkehendak, tapi tugas kita sebagai manusia kan untuk berikhtiar. 😌

      Kalau masalah ibunda ratu, aku paham banget sama keresahan beliau, Mbak. Jadi kalau beliau minta ini itu, aku ikutin aja. Biar beliaunya tenang.

      Alhamdulillah, Mbak Ghin. Kok ya pas mingkem dan gak keluarkan suara 🤭. Tapi serius, trauma banget lho aku, Mbak. Jadi lebih milih shalat di rumah aja, tunggu sampai mualnya hilang. 🤣

      Hapus
  2. akhirnya mampir kesini, syantiek blognya.. tema naura boleh juga yaa.. hehe.. *malah komenin template blog..
    btw, mbak roem semangaat yaa, gak kebayang kudu minum obat hormonal terus, ke badan jadi pusing mual yaa..
    semoga Allah mudahkan dan lancarkan untuk program hamilnya.. Amiiinn..

    oya, aku dulu juga pernah cobain pil kb mba, tapi cuma sebulan doang.. gak kuat sama pusing dan mualnya..
    btw pil kb yang pernah mba roem minum, merk apa ya? yang bikin nafsu makan itu loh.. hahaha.. kayaknya enak kalo punya nafsu makan yang bagus.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, Mbak Thya. Cantik blognya 🤭. Template dari kak Cory emang joss banget nih. Jauh lebih cantik dari ekspektasiku. 😆

      Aamiin 🤲🏽😄. Timakasiiiii doanya, Mbak Thya. 😊

      Soalnya pil KB tuh cocok-cocokan sih, Mbak. Aku pakai yang murah cocok, eh pas beli yang harganya mahalan malah pusing-pusing, mual, nyaris pingsan. 🤣

      Pil KB yang bikin nafsu makanku bagus itu punyanya andalan. Berat badanku nambah banyak gara-gara ngepil pakai ini, Mbak 🤣. Sekarang malah disuruh turunin berat badan sama obgyn nya. Katanya aku kegendutan. 🙈

      Hapus
  3. Baru tau ternyata Kak Roem se-struggle itu 🥺
    Semangat ya Kak 🥺

    Ya walaupun farah belum nikah, tapi kalau soal trauma, udah pernah coba 😅
    Dan rasanyaa, aduh kak nangis terus. Sampe harus meditasi biar ngga nangis mulu.

    Dan sembuhnya lama, setahun kayak orang gila. Bahkan karena trauma itu Farah jadi berubah, yang sebelumnya melihat dunia dengan kaca mata yang 'normal', berubah jadi melihat dunia dengan kacamata yang buruk. Tapi alhamdulillah sekarang ngga lagi.

    Tetap semangat Kak Roem 😁, semoga bisa diberikan momongan di waktu yang tepat, Aamiin 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin 🤲🏽

      Aku udah dua tahunan ini Far, nyaris tiga tahun punya trauma. Awalnya depresi, berlanjut jadi trauma. Tapi alhamdulilah, semakin ke sini semakin membaik. Aku masih dah dig duh der pas ketemu anak bayi, tapi sekarang udah jarang yang sampai nangis. 😄

      Pokok kita berdua harus semangat dan kuat terus ya, Far 💪🏽. Mudah-mudahan makin hari kita makin bahagia. 💃🏽

      Hapus
  4. Kak Roem, maaf aku salfok sama adegan muntahnya 😂 nggak kebayang gimana kejadian aslinya 😂 itu udah sampai mulut terus Kakak telan lagi gitu? 😂 Apa nggak tambah eneg? 😂
    Salut sama perjuangan Kak Roem demi bisa program hamil 👍🏻 aku baru baca pengalaman Kakak aja udah berasa beratnya 😂. Semoga semuanya dilancarkan jadi bisa segera program hamil 😁. Percaya aja Tuhan akan memberikan yang terbaik tepat pada waktunya 😁 yang penting Kak Roem tetap berusaha yang terbaik. Semangat Kak Roem 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Li. Sampai mulut, aku kunyah bentar terus aku telen. Kalau aku muntahin nanti urusannya malah panjang. Aku nanti disuruh ngepel mushala jadinya. 🙈

      Aamiin 🤲🏽. Terimakasih ya, Li 😆. Aku semangat terus, kok. 💪🏽😄

      Hapus
  5. Aku pikir tadinya ini blog mu yg lama tp diganti template. Ternyata blog baru yaa Roem :). Asiiiiik ntr aku baca2 tulisan lain.

    Btw aku tau sih obat hormol bikin moodswing. Tp ga nyangka segitu parahnya. Ini kayak pil KB yg hrs diminum di wkt dan jam sama yaaa.

    Ya Allah, sampe segitunya muntah di saat sholat. :(. Efeknya luar biasa yaa. Dulu padahal aku pernah kepikiran pake pil KB mba, Krn temenku yg pake bilang kalo efeknya bikin kulit halus tanpa jerawat :D. Aku tertarik Krn itu jujurnya. Tapi mama ngelarang, dia ttp nyuruh pake IUD. Berhubung aku sbnrnya benci juga ngangkang2, eh dokternya malah bilang pasangnya pas selesai Cesar aja. Jd si bayi keluar, dia lgs pasang iud nya segera saat itu. Aku ga tau kalo bisa. Ya jelas lgs aku trima Krn berarti bius nya msh bekerja dan aku ga ush ngangkang hahahaha

    Semoga aja program hamilnya bisa lancar, moodnya kembali stabil dan haid bisa rutin lagi ya Roem :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih doanya ya, Mbak Fan.😄

      Aku juga ada kepikiran IUD, Mbak. Tapi kata bidannya, telat. Soalnya pasang IUD lebih enak kalau sekalian pas caesar aja. Sementara aku tanya-tanyanya pasca caesar 😂. Tapi aku pikir-pikir obgyn ku dulu gak nawarin IUD sebelum caesar mungkin gara-gara kepikiran setelah pulih kemungkinan besar aku udah mau hamil lagi.😂

      Hapus
  6. yaampun mbakkk, aku ngebayangin gimana hebohnya waktu di musola itu ya. dan memang ada obat yang selang minum sekian menit langsung berasa pusing, perut eneg, kudu muntah, kalau aku biasanya kayak suplemen gitu, apalagi yang tabletnya gede gede dari dokter. jarang abis sempurna malahan
    dannn iya betul tuh mbak, sementara kayaknya mending solat sendiri dirumah, kalau ada adegan lari lari ke kamar mandi juga ga riweuh kalau lagi di musola

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ainun. Jauh lebih nyaman shalat di rumah untuk sementara ini. Itupun tunggu efek mualnya hilang beneran. Biar gak berasa pengen muntah di tengah-tengah shalat. 🙈

      Hapus
  7. Oh ternyata ada obat untuk mengatur hormon gitu ya. Kalo soal pil KB sih memang tahu karena istriku juga dulu pakai.

    Waduh itu sampai muntah saat sholat isya, pasti campur aduk perasaannya, untung pakai masker jadinya jamaah lain ngga tahu, ternyata itu fungsi lain dari masker ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Mas Agus. Pil KB itu juga salah satu obat buat ngatur hormon. 😁

      Ya nggak gitu juga keleus, Mas 😂. Biar gak saling tular-menularkan virus tujuannya 🤣🤣🤣. Kalau muntah sih, apesnya aku doang. 🙈

      Hapus
    2. Memang fungsi utamanya buat mencegah virus nular, tapi fungsi sampingnya ya buat menyembunyikan sesuatu rahasia, contohnya ya itu.😂

      Hapus
    3. Kalau dipikir-pikir, iya juga ya, Mas. 😂😂😂

      Hapus

Posting Komentar